SILABUS SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam
kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.2 Menghargai
semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang
Dasar Negara
Republik
Indonesia Tahun 1945
sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3 Menghargai sikap
kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
2.4 Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928
2.5 Menghargai
semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan
memperkokoh NKRI
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Menalar nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan
sehari-hari
|
Arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
|
Mengamati
·
Mencari dari berbagai sumber tentang arti
penting dan perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
·
Mencatan kegiatan yang diikutinya sebagai perwujudan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, misal: upacara bendera, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya,
kemudian mencatatnya dan apa sumbangannya dalam kegiatan
Menanya
·
Tanya jawab tentang arti
penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·
Tanya jawab tentang kegiatan yang sudah
dilakukan, misal: upacara bendera, peringatan hari besar nasional,
dan sebagainya
Mengeksperimen
·
Mengumpulkan data tentang arti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·
Mengumpulkan data tentang kegiatan-kegiatan yang
dilakukan untuk perwujudan nilai-nilai Pancasila
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
· Menentukan bentuk-bentuk kegiatan yang dapat mempermudah untuk
mewujudkan pelaksanaan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil (lisan dan tulisan) tentang arti
penting dan perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·
Mempresentasikan hasil tugas dalam kegiatan sosial-kultural
· Melaporkan kegiatan dan peran setiap peserta didik
·
Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah atau masyarakat
sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa, seperti membantu korban bencana alam, santunan yatim
piatu, dan sebagainya
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
· Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VIII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi/Internet sesuai materi
pokok bila tersedia
|
Donload aja DISNI untuk lebih jelasnya
No comments:
Post a Comment