SILABUS
SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
Menghayati
perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam
kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa
|
|
|
|
|
|
2.1
Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan jaman
2.2
Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.3
Menghargai
hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan
kedamaian
2.4
Menghargai
sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara Indonesia
2.5
Menghargai
semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda
tahun 1928
2.6
Menghayati
semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1
Menyaji
hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
|
Dinamika Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup
bangsa
|
Mengamati
·
Mencari arti penting, perkembangan, dan perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Mencatat
kegiatan yang diikutinya sebagai perwujudan nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara, misal: upacara bendera, peringatan hari besar
nasional, dan sebagainya, kemudian mencatatnya dan apa
sumbangannya dalam kegiatan
Menanya
·
Tanya jawab tentang arti
penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Tanya jawab tentang kegiatan yang sudah dilakukan, misal: upacara bendera, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya
Mengeksperimen
·
Mengumpulkan data tentang arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
·
Mengumpulkan data tentang kegiatan-kegiatan yang
dilakukan untuk perwujudan nilai-nilai Pancasila
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
· Menentukan bentuk-bentuk kegiatan yang dapat mempermudah untuk
mewujudkan pelaksanaan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
· Membuat ringkasan, catatan tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil tugas dalam kegiatan sosial-kultural
· Melaporkan kegiatan dan perannya
· Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah atau masyarakat sebagai perwujudan
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup, seperti membantu korban
bencana alam, santunan yatim piatu, dan sebagainya
· Menyusun paparan nilai – nilai Pancasila sebagai
dasar Negara di era globalisasi
· Mensimulasikan secara kelompok
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara di era globalisasi
· Menanggapi simulasi kelompok dengan kritis dan
menghargai prestasi orang lain
· Membuat ikrar/komitmen untuk melaksanakan Pancasila sebagai dasar
negara sesuai dinamika perkembangan jaman
|
·
Portofolio, penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
Dinamika Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup
bangsa
·
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Dinamika Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup
bangsa
· Pengamatan, penilaian
ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
Silahkan Download DISNI
No comments:
Post a Comment