PROGRAM TAHUNAN
Prota atau Program tahunan adalah suatu
rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi
dan Kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Tujuan dari Penetapan alokasi waktu
diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya
dapat dicapai oleh siswa. Untuk penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah
jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan
materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Prota merupakan program umum untuk setiap
mata pelajaran, berisikan garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu
tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan, program ini
perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai ,
karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni
program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem
penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan
pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi
dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Untuk lebih lengkapnya silahkan dowanload file dokumennya di bawahnya, semoga bermanfaat ..
CONTOH PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan
Agama Islam (PAI)
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Tahun
Ajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Al-Qur’an
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30,
Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan
benar.
§
Mampu mengidentifikasi yajwid
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
1.2 Menyebutkan
arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§
Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§
Mampu
mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§
Mampu
menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat; 56.
dan An Nahl: 78
1.3 Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah:
30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§
Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan
perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
§
Mampu menunjukkan perilaku
khalifah dalam kehidupan
|
||
Al-Qur’an
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
keikhlasan dalam beribadah
2.1 Membaca Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§
Mampu
membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu
mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163
2.2 Menyebutkan
arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
§
Mampu mengartikan
per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§
Mampu
mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S
Al-An’am: 162-163
2.3 Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§
Mampu mengidentifikasi
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§
Mampu
mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am:
162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas
dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Silahkan Dowanload DISNI
No comments:
Post a Comment