Friday 29 January 2016

Program Tahunan PAI SMA


PROGRAM TAHUNAN 

Prota atau Program tahunan adalah suatu rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Tujuan dari Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Untuk penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Prota merupakan program umum untuk setiap mata pelajaran, berisikan garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan, program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Untuk  lebih lengkapnya  silahkan dowanload file dokumennya di bawahnya, semoga bermanfaat ..




CONTOH PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
PeNdidikan Agama Islam (PAI)

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    : X / 1
Tahun Ajaran          : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
& Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
1.1    Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
§ Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
1.2    Menyebutkan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
§ Mampu menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
1.3    Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
§ Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
§ Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan


Al-Qur’an
2.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
2.1    Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
§ Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163
2.2    Menyebutkan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
2.3    Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
§ Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
§ Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163





Silahkan Dowanload DISNI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]