Thursday, 11 February 2016

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8





RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP Bahasa Indonesia silahkan download File Dockmennya di bawah  setelah contoh RPP:

Contoh RPP
                                                     Bahasa Indonesia Kelas 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : ....................................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi               : Mendengarkan
1. ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)        
Kopetensi dasar          : 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

A.           Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3.Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

v    Karakter siswa yang diharapkan :            Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.           Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana

C.           Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola

D.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal 
Apersepsi :
1)            Peserta didik Membacakan teks berita
2)            Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
3)            Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1)              Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
F   Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
F  Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.           Sumber Belajar
a.   Bagan identifikasi pengalaman
b.  Gambar
c.   VCD
d.  Narasumber
e.   Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

Tes tulis



Uraian 
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
                                   
           
No
Butir Soal
Skor maksimal
1


2

3
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam teks berita yang dibacakan !

Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !

Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea
3


4

3

Jumlah
10

Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1.      Apabil Peserta didik menjawab satu dari tiga pokok berita
2.      Apabila hanya dua yang benar
3.      Apabila Peserta didik menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.      Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.      Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3.      Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1     Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1

Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan skor   x  100
                                                              Skor Maksimum


                                                                                         
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................



download DISINI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]