Wednesday 16 March 2016

Administrasi Pembelajaran IPA



Administrasi  pembelajaran sangat dibutuhkan bagi pembelajaran di sekolah. Menurut undang-undang tentang guru yang dibuat pada tahun 2005, menegaskan bahwa kerja guru meliputi beberapa pokok kegiatan, yang pertama harus bisa merencanakan pendidikan, kemudian melaksanakan pembelajaran secara aktif, lalu menilai hasil dari pembelajaran yang sudah dilakukan, melatih para siswa serta membimbing untuk dapat memahami, dan yang terakhir adalah melaksanakan beberapa tugas tambahan jika diperlukan.

Dalam administrasi pembelajaran terdapat penyusunan program yang harus dikuasai, penyusunan ini dilaksanakan untuk menentukan jumlah berapa kegiatan yang akan dilakukan dalam proses belajar. Yang mencangkup dalam penyusunan tersebut meliputi kegiatan belajar dengan keadaan yang kondusif, dapat memberi warna di dalam kelas sehingga tidak jenuh dengan teori saja, penyusunan jadwal studi yang tepat juga perlu dilakukan guru, agar siswa tidak merasa tertekan dengan banyaknya materi di dalam satu hari. Contohnya studi matematika lebih baik jangan disamakan harinya dengan pelajaran IPA. Karena setelah matematika diajarkan, murid-murid masih merasakan beban berat untuk menghapal rumusnya, jika ditambah dengan IPA, maka pikiran anak tidak akan kuat untuk menerima pelajarannya.

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

No.                                      :    01
Satuan Pendidikan          :    SMP/MTs
Mata Pelajaran                 :    IPA Terpadu
Kelas/Semester                 :    VIII/Gasal



Standar Kompetensi    :      1.     Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar        :  1.1   Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhuk hidup.
Indikator                        :      a.  Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
                                                b.  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
                                                c.  Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
Alokasi Waktu             :  4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.   Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
2.   Menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
3.   Menjelaskan pengertian metamorfosis.
4.   Menjelaskan pengertian metagenesis.
5.   Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
B.    Materi Pembelajaran
Pertumbuhan dan perkembangan.

C.    Metode Pembelajaran/Teknik
        Pendekatan CTL dan life skill

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-1 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap menerima pembelajaran.
b.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.   Guru menyampaikan apersepsi dan memberikan motivasi
           Apakah pengertian pertumbuhan dan perkembangan?
2.    Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi
      Guru menggali wawasan peserta didik tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
b.   Elaborasi
      Guru membimbing diskusi informasi kelompok peserta didik tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.
c.   Konfirmasi
           Guru memberikan penjelasan dan penguatan setelah peserta didik berdiskusi.
           Guru membimbing peserta didik membuat refleksi materi pembelajaran.
3.    Kegiatan Penutup
Guru memberikan evaluasi.

Pertemuan ke-2 (2 x 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap menerima pembelajaran.
b.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.   Guru menyampaikan apersepsi dan memberikan motivasi
           Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan pada nyamuk?
2.    Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi
      Guru menggali wawasan peserta didik tentang metamorfosis.
b.   Elaborasi
      Guru membimbing diskusi informasi kelompok peserta didik tentang perbedaan metamorfosis dan metagenesis.
c.   Konfirmasi
           Guru memberikan penjelasan dan penguatan setelah peserta didik berdiskusi.
           Guru membimbing peserta didik membuat refleksi materi pembelajaran.
3.    Kegiatan Penutup
Guru memberikan evaluasi.

E.    Sumber Belajar
1.    Buku teks IPA Kelas VIII (bse)
2.    Buku Intensif IPA Terpadu VIIIA hal 3 – 6
3.    Buku rerefensi yang lain
4.    Carta metamorfosis dan metagenesis
5.    Video pertumbuhan dan perkembangan
6.    Buku lain yang relevan
F.    Penilaian
1.    Teknik penilaian : tes tulis
2.    Bentuk  instrumen   : pilihan ganda, isian, dan uraian
3.    Contoh instrumen
a.   Pilihan ganda
      Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan adalah ....
a.     pertumbuhan dapat diukur, sedangkan perkembangan tidak dapat diukur
b.    pertumbuhan tidak dapat diukur, sedangkan perkembangan dapat diukur
c.     pertumbuhan berjalan lambat, sedangkan perkembangan berjalan cepat
d.    pertumbuhan merupakan perubahan secara psikis, sedangkan perkembangan merupakan perubahan secara fisik
      Kunci: a
      Skor: 1
b.     Isian
Pertumbuhan pada manusia dan hewan bersifat ..., sedangkan pada tumbuhan pertumbuhan berlangsung ....
Kunci   : terbatas; sepanjang hidup tumbuhan
Skor      : 1
c.     Uraian
Apakah perbedaan antara metamorfosis dan metagenesis?
Kunci  :        Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk tubuh/perubahan ukuran melalui tahapan-tahapan tertentu yang terjadi dalam proses pertumbuhan dan perkem-bangan makhluk hidup.
                       Metagenesis adalah siklus pada makhluk hidup yang mengalami dua fase keturunan, yaitu fase vegetatif dan generatif.
Skor  :  2
 


Nah di bawah ini saya akan lampirkan adminitrasi pembelajaran yaitu mata pelajaran IPA untuk kelas 7, 8, dan 9n.  Filenya berbentuk rar, setelah dowanload exstrak dengan winrar atau sejenisnya.  Semoga bermanfaat..... Trimakasih .....  

Dowanload administrasi  DISINI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]