Administrasi pembelajaran
sangat dibutuhkan bagi pembelajaran di sekolah. Menurut undang-undang tentang
guru yang dibuat pada tahun 2005, menegaskan bahwa kerja guru meliputi beberapa
pokok kegiatan, yang pertama harus bisa merencanakan pendidikan, kemudian
melaksanakan pembelajaran secara aktif, lalu menilai hasil dari pembelajaran
yang sudah dilakukan, melatih para siswa serta membimbing untuk dapat memahami,
dan yang terakhir adalah melaksanakan beberapa tugas tambahan jika diperlukan.
Dalam administrasi pembelajaran
terdapat penyusunan program yang harus dikuasai, penyusunan ini dilaksanakan
untuk menentukan jumlah berapa kegiatan yang akan dilakukan dalam proses
belajar. Yang mencangkup dalam penyusunan tersebut meliputi kegiatan belajar
dengan keadaan yang kondusif, dapat memberi warna di dalam kelas sehingga tidak
jenuh dengan teori saja, penyusunan jadwal studi yang tepat juga perlu
dilakukan guru, agar siswa tidak merasa tertekan dengan banyaknya materi di
dalam satu hari. Contohnya studi matematika lebih baik jangan disamakan harinya
dengan pelajaran IPA. Karena setelah matematika diajarkan, murid-murid masih
merasakan beban berat untuk menghapal rumusnya, jika ditambah dengan IPA, maka
pikiran anak tidak akan kuat untuk menerima pelajarannya.
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. : 01
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/Semester :
VIII/Gasal
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhuk hidup.
Indikator : a. Menyebutkan
faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
b. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup.
c. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1. Menjelaskan perbedaan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
2. Menyebutkan faktor-faktor
yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
3. Menjelaskan pengertian
metamorfosis.
4. Menjelaskan pengertian
metagenesis.
5. Membandingkan
metamorfosis dan metagenesis.
B. Materi
Pembelajaran
Pertumbuhan
dan perkembangan.
C. Metode
Pembelajaran/Teknik
Pendekatan CTL dan life skill
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
ke-1 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap
menerima pembelajaran.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c. Guru menyampaikan apersepsi dan memberikan
motivasi
• Apakah
pengertian pertumbuhan dan perkembangan?
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menggali wawasan peserta didik
tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
b. Elaborasi
Guru membimbing diskusi informasi kelompok
peserta didik tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.
c. Konfirmasi
• Guru
memberikan penjelasan dan penguatan setelah peserta didik berdiskusi.
• Guru
membimbing peserta didik membuat refleksi materi pembelajaran.
3. Kegiatan Penutup
Guru
memberikan evaluasi.
Pertemuan
ke-2 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap
menerima pembelajaran.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c. Guru menyampaikan apersepsi dan memberikan
motivasi
• Bagaimana
pertumbuhan dan perkembangan pada nyamuk?
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menggali wawasan peserta didik
tentang metamorfosis.
b. Elaborasi
Guru membimbing diskusi informasi kelompok
peserta didik tentang perbedaan metamorfosis dan metagenesis.
c. Konfirmasi
• Guru
memberikan penjelasan dan penguatan setelah peserta didik berdiskusi.
• Guru
membimbing peserta didik membuat refleksi materi pembelajaran.
3. Kegiatan Penutup
Guru
memberikan evaluasi.
E. Sumber Belajar
1. Buku teks IPA Kelas VIII (bse)
2. Buku Intensif IPA Terpadu VIIIA hal 3 – 6
3. Buku rerefensi yang lain
4. Carta metamorfosis dan metagenesis
5. Video pertumbuhan dan perkembangan
6. Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik penilaian : tes tulis
2. Bentuk
instrumen : pilihan ganda, isian,
dan uraian
3. Contoh instrumen
a. Pilihan ganda
Perbedaan pertumbuhan
dan perkembangan adalah ....
a. pertumbuhan dapat diukur, sedangkan
perkembangan tidak dapat diukur
b. pertumbuhan tidak dapat diukur, sedangkan
perkembangan dapat diukur
c. pertumbuhan berjalan lambat, sedangkan
perkembangan berjalan cepat
d. pertumbuhan merupakan perubahan secara
psikis, sedangkan perkembangan merupakan perubahan secara fisik
Kunci: a
Skor: 1
b.
Isian
Pertumbuhan
pada manusia dan hewan bersifat ..., sedangkan pada tumbuhan pertumbuhan
berlangsung ....
Kunci : terbatas; sepanjang hidup tumbuhan
Skor : 1
c.
Uraian
Apakah
perbedaan antara metamorfosis dan metagenesis?
Kunci : – Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk tubuh/perubahan
ukuran melalui tahapan-tahapan tertentu yang terjadi dalam proses pertumbuhan
dan perkem-bangan makhluk hidup.
– Metagenesis adalah siklus pada makhluk
hidup yang mengalami dua fase keturunan, yaitu fase vegetatif dan generatif.
Skor : 2
Nah di bawah ini saya
akan lampirkan adminitrasi pembelajaran yaitu mata pelajaran IPA untuk kelas 7,
8, dan 9n. Filenya berbentuk rar,
setelah dowanload exstrak dengan winrar atau sejenisnya. Semoga bermanfaat..... Trimakasih .....
No comments:
Post a Comment