Setiap guru diwajibkan membuat administrasi pembelajaran. Administrasi
pembelajaran sangat dibutuhkan bagi pembelajaran di sekolah. Menurut
undang-undang tentang guru yang dibuat pada tahun 2005, menegaskan bahwa kerja
guru meliputi beberapa pokok kegiatan, yang pertama harus bisa merencanakan
pendidikan, kemudian melaksanakan pembelajaran secara aktif, lalu menilai hasil
dari pembelajaran yang sudah dilakukan, melatih para siswa serta membimbing
untuk dapat memahami, dan yang terakhir adalah melaksanakan beberapa tugas
tambahan jika diperlukan.
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
No. : 01
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
IPS Terpadu
Kelas/Semester : VII/Gasal
Standar Kompetensi : 1. Memahami
lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
Indikator : 1. Siswa
dapat mendeskripsikan proses alam endogen.
2. Siswa dapat mendeskripsikan proses alam
eksogen.
3. Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis
batuan pembentuk muka bumi.
4. Siswa dapat mendeskripsikan
bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran,
siswa dapat:
1. mendeskripsikan proses alam endogen;
2. mendeskripsikan proses alam eksogen;
3. mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk muka bumi;
4. mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap
kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Bentuk-bentuk muka bumi.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiry
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
7. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 sampai dengan 4
1. Pendahuluan
a. Apersepsi:
Bagaimanakah bentuk muka bumi di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua
datar?
b. Motivasi:
1)
Siswa diminta mendiskusikan bentuk muka bumi di
daerahnya.
2)
Siswa bertanya jawab mengenai gunung meletus.
3)
Siswa menyebutkan beberapa gunung berapi.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1)
Guru mendeskripsikan proses alam endogen.
2)
Guru mendeskripsikan proses alam eksogen.
3)
Guru mendeskripsikan jenis-jenis batuan
pembentuk muka bumi.
4)
Guru mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan
pengaruhnya terhadap kehidupan.
b. Elaborasi
1)
Siswa mendeskripsikan proses alam endogen.
2)
Siswa mendeskripsikan proses alam eksogen.
3)
Siswa mendeskripsikan jenis-jenis batuan
pembentuk muka bumi.
4)
Siswa mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi
dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
5)
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
terkait materi.
c. Konfirmasi
Guru
mengevaluasi jawaban siswa dengan cara membenarkan jawaban yang salah.
3. Penutup
a. Penilaian
b. Refleksi: siswa mengungkapkan kembali mengenai bentuk muka bumi.
E. Sumber Belajar
1. Peta Indonesia.
2. Gambar bentuk-bentuk muka bumi.
3. Gambar gunung-gunung berapi.
4. Berbagai jenis batuan
5. Buku IPS VII hal. 3-18.
6. Buku-buku lain yang relevan.
F. Penilaian
1. Teknik
penilaian: tes tulis.
2. Bentuk
instrumen: pilihan ganda, isian dan uraian.
3. Contoh
soal/instrumen:
Contoh proses pelapukan fisik oleh angin yang
bergerak adalah . . . .
a. deflasi
b. erosi
c. abrasi
d. eksarasi
Bukit pasir merupakan bentuk muka bumi hasil
dari proses tenaga . . . .
Sebutkan proses alam secara eksogen.
Tuliskan empat bentuk muka bumi daratan yang
disebabkan oleh tenaga endogen.
Berilah empat contoh tenaga penghancur dalam proses
pelapukan.
…………,
……………………
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs Guru
Mata Pelajaran
___________________
_____________________
NIP NIP
Nah di bawah ini saya akan lampirkan adminitrasi pembelajaran yaitu mata pelajaran IPS untuk kelas 7, 8, dan sembilan. Filenya berbentuk rar, setelah dowanload exstrak dengan winrar atau sejenisnya. Semoga bermanfaat..... Trimakasih .....
Silahkan Dowanload DISINI
No comments:
Post a Comment