Sunday 13 March 2016

RPP, SIlabus IPS SMP



Setiap guru diwajibkan membuat administrasi pembelajaran.  Administrasi  pembelajaran sangat dibutuhkan bagi pembelajaran di sekolah. Menurut undang-undang tentang guru yang dibuat pada tahun 2005, menegaskan bahwa kerja guru meliputi beberapa pokok kegiatan, yang pertama harus bisa merencanakan pendidikan, kemudian melaksanakan pembelajaran secara aktif, lalu menilai hasil dari pembelajaran yang sudah dilakukan, melatih para siswa serta membimbing untuk dapat memahami, dan yang terakhir adalah melaksanakan beberapa tugas tambahan jika diperlukan.



CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

No.                                      :    01
Satuan Pendidikan         :    SMP/MTs
Mata Pelajaran               :    IPS Terpadu
Kelas/Semester             :    VII/Gasal

Standar Kompetensi   :   1.         Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar       :   1.1      Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator                        :   1.         Siswa dapat mendeskripsikan proses alam endogen.
                                            2.         Siswa dapat mendeskripsikan proses alam eksogen.
                                            3.         Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk muka bumi.
                                            4.         Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu              :   8 x 40 menit (4 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.     mendeskripsikan proses alam endogen;
2.     mendeskripsikan proses alam eksogen;
3.     mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk muka bumi;
4.     mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
B.    Materi Pembelajaran
 Bentuk-bentuk muka bumi.
C.    Metode Pembelajaran
1.     Ceramah bervariasi
2.     Diskusi
3.     Inquiry
4.     Tanya jawab
5.     Simulasi
6.     Observasi/pengamatan
7.     Penugasan
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 sampai dengan 4
1.    Pendahuluan
a.   Apersepsi: Bagaimanakah bentuk muka bumi di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua datar?
b.   Motivasi:
1)   Siswa diminta mendiskusikan bentuk muka bumi di daerahnya.
2)   Siswa bertanya jawab mengenai gunung meletus.
3)   Siswa menyebutkan beberapa gunung berapi.
2.    Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi
1)   Guru mendeskripsikan proses alam endogen.
2)   Guru mendeskripsikan proses alam eksogen.
3)   Guru mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk muka bumi.
4)   Guru mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
b.   Elaborasi
1)   Siswa mendeskripsikan proses alam endogen.
2)   Siswa mendeskripsikan proses alam eksogen.
3)   Siswa mendeskripsikan jenis-jenis batuan pembentuk muka bumi.
4)   Siswa mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
5)   Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru terkait materi.
c.    Konfirmasi
      Guru mengevaluasi jawaban siswa dengan cara membenarkan jawaban yang salah.
3.    Penutup
a.    Penilaian
b.    Refleksi: siswa mengungkapkan kembali mengenai bentuk muka bumi.
E.    Sumber Belajar
1.     Peta Indonesia.
2.     Gambar bentuk-bentuk muka bumi.
3.     Gambar gunung-gunung berapi.
4.     Berbagai jenis batuan
5.     Buku IPS VII hal. 3-18.
6.     Buku-buku lain yang relevan.
F.    Penilaian
1.    Teknik penilaian: tes tulis.
2.    Bentuk instrumen: pilihan ganda, isian dan uraian.
3.    Contoh soal/instrumen:
Contoh proses pelapukan fisik oleh angin yang bergerak adalah . . . .
a.   deflasi
b.   erosi
c.   abrasi
d.   eksarasi
Bukit pasir merupakan bentuk muka bumi hasil dari proses tenaga . . . .
Sebutkan proses alam secara eksogen.
Tuliskan empat bentuk muka bumi daratan yang disebabkan oleh tenaga endogen.
Berilah empat contoh tenaga penghancur dalam proses pelapukan.


                                                                                                                                        …………, ……………………
                Mengetahui,
               Kepala SMP/MTs                                                                                                         Guru Mata Pelajaran



          ___________________                                                                                           _____________________
          NIP                                                                                                                                NIP







Nah di bawah ini saya akan lampirkan adminitrasi pembelajaran yaitu mata pelajaran IPS untuk kelas 7, 8, dan sembilan.  Filenya berbentuk rar, setelah dowanload exstrak dengan winrar atau sejenisnya.  Semoga bermanfaat..... Trimakasih ..... 

Silahkan Dowanload DISINI




No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]