Tuesday 19 April 2016

PRAKERIN PEMELIHARAANDAN SERVICE SISTEM PEMINDAHAN TENAGA




ini adalah  sebagian dari laporan prakerin yang berisikan  4 BAB, untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya di bawah setelah contoh sebagain ini :
BAB III
PEMELIHARAANDAN SERVICE SISTEM PEMINDAHAN TENAGA

A.                Propeller Shaft
Pada kendaraan tipe FR (front engine rear drive) dan FWD/AWD (four wheel drive), untuk memindahkan tenaga mesin dari transmisi ke differential, diperlukan propeller shaft atau sering juga disebut sebagai drive shaft.Panjang pendeknya propeller shaft tergantung dari panjang kendaraan.Pada kendaraan yang panjang, propeller dibagi menjadi beberapa bagian untuk menjamin supaya tetap dapat bekerja dengan baik.
suspensi kendaraan mengakibatkan posisi differential selalu berubah-ubah terhadap transmisi, sehingga propeller harus dapat menyesuaikan perubahan sudut dan perubahan jarak, agar tetap mampu meneruskan putaran dengan lancar. Mekanisme atau komponen tersebut adalah universal joint atau sering disebut U-joint.
Gambar 1.4 Bentuk-bentuk propeller shaft
Propeler shaft pada umumnya terbuat dari pipa besi, karena profil pipa lebih tahan terhadap puntiran. Dimensi poros propeller akan menentukan beban putaran yang diijinkan, yang dirumuskan sebagai berikut :n.1,2.109D2.d2L2
Dimana :
n : putaran yang diijinkan (rpm)
D : diameter luar (cm)
d : diameter dalam (cm)
L : panjang (cm)

B.                 Universal joint
Universal joint, U sendi, Cardan joint, Hardy-Spicer sendi, atau sendi Hooke adalah joint dalam sebuah batang kaku yang dimungkinkan batang tersebut membengkok dalam segala arah, dan umumnya digunakan pada rotary shaft ( poros yang berputar ) yang mengirimkan gerakan ( putaran ). Terdiri dari sepasang engsel terletak berdekatan, berorientasi pada 90 ° untuk satu sama lain, dan dihubungkan dengan poros salib. 
letak universal joint

1.      Sejarah
Konsep utama sendi universal didasarkan pada desain Gimbals, yang telah digunakan sejak jaman dahulu.Salah satu antisipasi bersama pada universal yang digunakan oleh orang Yunani Kuno pada busur. Orang pertama yang diketahui telah mengusulkan penggunaannya untuk transmisi motif pada kekuasaan Gerolamo Cardano, seorang matematikiawan Italia, tahun 1545, meskipun tidak jelas apakah dia mengeluarkan sebuah model kerja. Christopher Polhem kemudian memciptakan kembali dan kemudian disebut "Polhem simpul". Di Eropa, perangkat ini sering disebut sendi Cardan atau shaftCardan.
Robert Hooke menemukan universal yang bekerja bersama di tahun 1676, sehingga menimbulkan nama alternatif, yang disebut Hookejoint. Meskipun penggunaan nama pertama ini dari sendi muniversal, kadang-kadang dikaitkan dengan produsen mobil Amerika Henry Ford, istilah ini muncul didokumen paten sejak 1884 ketika Charles H. Amidon dianugerahi Amerika Serikat Letters Patent No 298.542.

2.                       Hook Joint
Kondisi jalan mempengaruhi kerja suspensi dan berakibat pada posisi differential selalu berubah-ubah terhadap transmisi. Universal joint dipakai untuk mengatasi kondisi tersebut agar poros selalu dapat berputar dengan lancar, sehingga universal joint harus mempunyai syarat : dapat mengurangi resiko kerusakan propeller saat poros bergerak naik/ turun, tidak berisik atau berputar dengan lembut, konstruksinya sederhana dan tidak mudah rusak. Jadi universal joint berfungsi untuk melembutkan pentransfer tenaga dari transmisi ke diferensial.Dimana konstruksi dari universal joint dimungkinkan berputar lembut dan tidak mudah rusak. Berikut Konstruksi Hook Joint :
Pada umumnya poros propeller menggunakan konstruksi tipe ini, karena selain konstruksinya yang sederhana tipe ini juga berfungsi secara akurat dan konstan. Konstruksi hook joint adalah seperti ganbar di atas. Ada dua tipe hook joint yaitu shell bearing cup type dan solid bearing cup type. Pada tipe shell bearing cup universal joint tidak bisa dibongkar sedangkan pada tipe solid bearing cup bisa dibongkar. Ilustrasi konstruksi kedua tipe universal joint tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
3.                       Pemeliharaan dan perbaikan
Bagaimana Kita tahu universal joint itu sudah rusak? Apakah akan pergi ....akan pada saat keluar ?Siapa yang tahu? Tetapi kita bisa memainkan persentase sedikit untuk mengetahui kapan dan sudah saatnya untuk melihat pada universal joint pada kendaraan. Kita tahu bahwa melakukan pemeliharaan universal joint SELALU memilih lokasi pilihan, terutama bila orang berpikir akan kerepotan yang terjadi dan melibat kita dalam melakukan penggantian universal joint ketika di jalan.
U-joint tidak bertahan selamanya. Penggunaan pada kendaraan 4WD dan jalan-jalan dimusim dingin, akan memiliki berbagai mempengaruhi terhadap u-joint. menyeberangan sungai dapat membersihkan pelumas dan menyebabkan kontaminan ke bantalan jarum. Ketika itu terjadi, jarum menggiling sendiri bukan dengan pelumas tetapi debu dan u-joint tersebut gagal menjalankan fungsinya.


untuk lebih lengkapnya  silahkan download file doxc nya DISINI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]