ini adalah sebagian dari laporan prakerin yang berisikan 4 BAB, untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya di bawah setelah contoh sebagain ini :
BAB III
PEMELIHARAANDAN
SERVICE SISTEM PEMINDAHAN TENAGA
A.
Propeller
Shaft
Pada kendaraan tipe FR (front engine rear drive) dan FWD/AWD
(four wheel drive), untuk memindahkan tenaga mesin dari transmisi ke
differential, diperlukan propeller shaft atau sering juga disebut sebagai drive
shaft.Panjang pendeknya propeller shaft tergantung dari panjang kendaraan.Pada
kendaraan yang panjang, propeller dibagi menjadi beberapa bagian untuk menjamin
supaya tetap dapat bekerja dengan baik.
suspensi kendaraan mengakibatkan posisi differential selalu
berubah-ubah terhadap transmisi, sehingga propeller harus dapat menyesuaikan
perubahan sudut dan perubahan jarak, agar tetap mampu meneruskan putaran dengan
lancar. Mekanisme atau komponen tersebut adalah universal joint atau sering
disebut U-joint.
Gambar 1.4 Bentuk-bentuk propeller
shaft
Propeler shaft pada umumnya terbuat dari pipa besi, karena
profil pipa lebih tahan terhadap puntiran. Dimensi poros propeller akan
menentukan beban putaran yang diijinkan, yang dirumuskan sebagai berikut :n.1,2.109D2.d2L2
Dimana :
n : putaran yang diijinkan (rpm)
D : diameter luar (cm)
d : diameter dalam (cm)
L : panjang (cm)
B.
Universal
joint
Universal joint, U sendi, Cardan joint,
Hardy-Spicer sendi, atau sendi Hooke adalah joint dalam sebuah
batang kaku yang dimungkinkan batang tersebut membengkok dalam segala arah, dan
umumnya digunakan pada rotary shaft ( poros yang berputar ) yang
mengirimkan gerakan ( putaran ). Terdiri dari sepasang engsel terletak
berdekatan, berorientasi pada 90 ° untuk satu sama lain, dan dihubungkan dengan
poros salib.
letak universal joint |
1. Sejarah
Konsep utama sendi universal didasarkan pada desain Gimbals,
yang telah digunakan sejak jaman dahulu.Salah satu antisipasi bersama pada
universal yang digunakan oleh orang Yunani Kuno pada busur. Orang pertama yang
diketahui telah mengusulkan penggunaannya untuk transmisi motif pada kekuasaan
Gerolamo Cardano, seorang matematikiawan Italia, tahun 1545, meskipun tidak
jelas apakah dia mengeluarkan sebuah model kerja. Christopher Polhem kemudian
memciptakan kembali dan kemudian disebut "Polhem simpul". Di Eropa,
perangkat ini sering disebut sendi Cardan atau shaftCardan.
Robert Hooke menemukan universal yang bekerja bersama di
tahun 1676, sehingga menimbulkan nama alternatif, yang disebut Hookejoint.
Meskipun penggunaan nama pertama ini dari sendi muniversal, kadang-kadang
dikaitkan dengan produsen mobil Amerika Henry Ford, istilah ini muncul
didokumen paten sejak 1884 ketika Charles H. Amidon dianugerahi Amerika Serikat
Letters Patent No 298.542.
2.
Hook Joint
Kondisi jalan mempengaruhi kerja suspensi dan berakibat pada
posisi differential selalu berubah-ubah terhadap transmisi. Universal joint
dipakai untuk mengatasi kondisi tersebut agar poros selalu dapat berputar
dengan lancar, sehingga universal joint harus mempunyai syarat : dapat mengurangi
resiko kerusakan propeller saat poros bergerak naik/ turun, tidak berisik atau
berputar dengan lembut, konstruksinya sederhana dan tidak mudah rusak. Jadi
universal joint berfungsi untuk melembutkan pentransfer tenaga dari transmisi
ke diferensial.Dimana konstruksi dari universal joint dimungkinkan berputar
lembut dan tidak mudah rusak. Berikut Konstruksi Hook Joint :
Pada umumnya poros propeller menggunakan konstruksi tipe
ini, karena selain konstruksinya yang sederhana tipe ini juga berfungsi secara
akurat dan konstan. Konstruksi hook joint adalah seperti ganbar di atas. Ada
dua tipe hook joint yaitu shell bearing cup type dan solid bearing cup type.
Pada tipe shell bearing cup universal joint tidak bisa dibongkar sedangkan pada
tipe solid bearing cup bisa dibongkar. Ilustrasi konstruksi kedua tipe
universal joint tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
3.
Pemeliharaan dan perbaikan
Bagaimana Kita tahu universal joint itu sudah rusak? Apakah
akan pergi ....akan pada saat keluar ?Siapa yang tahu? Tetapi kita bisa
memainkan persentase sedikit untuk mengetahui kapan dan sudah saatnya untuk
melihat pada universal joint pada kendaraan. Kita tahu bahwa melakukan
pemeliharaan universal joint SELALU memilih lokasi pilihan, terutama bila orang
berpikir akan kerepotan yang terjadi dan melibat kita dalam melakukan penggantian
universal joint ketika di jalan.
U-joint tidak bertahan selamanya. Penggunaan pada kendaraan
4WD dan jalan-jalan dimusim dingin, akan memiliki berbagai mempengaruhi
terhadap u-joint. menyeberangan sungai dapat membersihkan pelumas dan
menyebabkan kontaminan ke bantalan jarum. Ketika itu terjadi, jarum menggiling
sendiri bukan dengan pelumas tetapi debu dan u-joint tersebut gagal menjalankan
fungsinya.
untuk lebih lengkapnya silahkan download file doxc nya DISINI
No comments:
Post a Comment