Monday, 15 February 2016

RPP TIK Kelas 8



 adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP TIK silahkan download File Dockmennya di bawah  setelah contoh RPP:

Contoh RPP
TIK Kelas 8
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                 :       SMP/MTs ..................                                    
Mata Pelajaran               :       Teknologi Informasi  dan Komunikasi
Kelas/ semester               :       VIII / 1 ( satu )
Alokasi Waktu                :       1 x 40 menit
Standar Kompetensi      :       1.Menggunakan Perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan  informasi
Kompetensi Dasar          :       1.1 Mengidentifikasi menu pada ikon pada perangkat lunak
                                                       pengolah kata.

Tujuan pembelajaran.
Peserta didik mampu:
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi mouse.
þ  Mengindentifikasi  menu dan ikon pada menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard
þ  Mengindentifikasi  menu dan ikon pada standatd menu bar dengan menggunakan fungsi mouse .
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada standard menu bar dengan menggunakan fungsi keyboard
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada formatting menu dengan menggunakan fungsi mouse
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada formatting menu dengan menggunakan menggunakan fungsi keyboard.
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu dengan menggunakan fungsi mouse
þ  Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu dengan menggunakan fungsi keyboard

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

1    Materi Pembelajaran
Cara menggunakan menu dan ikon
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu pengolah kata
Ø  Cara menggunakan menu dan ikon pada menu drawing pengolah kata

2    Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan model CTL dan life skills

3    Langkah langkah kegiatan pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang nama perintah ikon dan menu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
      
 2.   Kegiatan   inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik dapat Mengamati menu dan ikon yang terdapat di program pengolah kata
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar pengolah kata
F  Mengindentifikasi cara menggunakan menu dan ikon pada standard menu pengolah kata
F  Mengindentifikasi cara menggunakan menu dan ikon pada forming menu pengolah kata
F  Mengindentifikasi memggunakan menu dan ikon pada menu drawing pengolah kata                          

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah  di lakukan
F  Menarik  kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah kata

4    Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja, mass media, tutor sebaya

5    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar


Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard



Ø  Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu


Ø  Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes identifikasi


Tes identifikasi



Tes identifikasi


Tes identifikasi

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon  pada menu bar!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar standard!


Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!

Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!

Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantatif
Nilai
[(Jml.Skor/ 32)x100]
4
3
2
1

Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





  1   
Bar menu




  2    
Standard menu




  3
Formatting menu




  4
Drawing menu




Menggunakan menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse pada





 5
Bar menu




  6
Standard menu




  7
Formating menu




  8
Drawing menu




Jumlah








Kriteria Penilaian:
1. Nilai 4   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 4 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
2.  Nilai 3   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 3 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
3.  Nilai 2   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 2 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mous.
4.  Nilai 1   :   Jika mampu menunjukkan sedikitnya 1 menu dan ikon pokok dengan menggunakan fungsi mouse.
 
 











Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................


  Download Aja DISINI



No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]