SILABUS
Bagi para
pendidik/guru Istilah Silabus sudah tidak asing lagi apalagi, bagi guru baru maka
pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu
saja penting untuk dipahami agar efektifitas dalam pembelajaran itu dapat
dicapai dengan baik.
Silabus adalah
rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang
mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar.
Silabus
merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan
pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.
Isi dari Silabus
adalah komponen-komponen pokok yang
dapat menjawab pertanyaan berikut :
1. Kompetensi yang akan ditanamkan
kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
2. kegiatan yang harus dilakukan untuk
menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
3. upaya yang harus dilakukan untuk
mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus
bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih
lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan
pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Dalam
pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
- Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.Relevan. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
- Sistematis. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
- Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
- Memadai. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
- Aktual dan Kontekstual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
- Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
- Menyeluruh. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor)
Nah bagi
rekan-rekan yang membutuhkan silabus Bahasa Indonesia Kelas 8 silahkan download File Dockmennya di bawah
setelah comtoh silabus:
Contoh Silabus
Bahasa
Indonesia Kelas 8
SILABUS
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1.Menganalisis laporan
|
Penganalisisan laporan perjalanan
|
o
Mendengarkan laporan perjalanan siswa
o
Menuliskan
pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
o
Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o
Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan
yang diperdengarkan.
|
· Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan
kalimat singkat
· Mampu menganalisis pola
urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Dafttar pertanyaan
Uraian
|
§ Tulislah enam pokok
laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan
laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
|
4 X 40’
|
Narasumber (Siswa)
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
·
|
|
|
|
|
|
silahkan Download DISINI
No comments:
Post a Comment