Friday 26 February 2016

RPP Bahasa Inggris kelas 8



RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP Bahasa Inggris kelas 8 lengkap untuk semester 1 dan semester 2 silahkan download File Dockmennya di bawah  setelah contoh RPP:

Contoh RPP
Bahasa Inggris Kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                 :
Kelas/Semester             : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar        : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                            : Home Life
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu             :2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menentukan pasangan kalimat berdasarkan percakapan
b.      Memilih jawaban yang tepat berdasarkan rekaman dialog
c.       Melengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
d.      Melengkapi teks dialog berdasarkan rekaman dengan memilh jawaban yang tersedia
e.       Melafalkan  kalimat interogatif dan kalimat positif dengan intonasi yang tepat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 2, 3, 4, 5, 6)
·         Rekaman dialog
·         Rekaman percakapan dengan menggunakan why dan because
·         Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
            A: Why is the meeting at four?
            B: Because it’s Friday
b.      Grammar Practice( halaman 7, 8, 31)
·         Penjelasan tentang kalimat interrogative-negative Simple Present
·         Penjelasan kalimat imperative negative
·         Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
c.       Developing Skills (halaman 10 , 12, 24)
·         Rekaman wawancara
·         Rekaman percakapan
d.      Pronunciation (halaman 12)
·         Rekaman percakapan dengan intonasi kalimat interogatif dan kalimat positif
e.       Unit Self-Test (halaman 25)
·         Record your Voice: rekaman percakapan dengan mengacu pada petunjuk

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar
·         Brainstorming ideas: Why is the moon circular? Why should we study?,  etc.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan penjelasan tentang penggunaan bentuk interogatif negatif Simple Present
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan .
b.      CD / kaset
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan
6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.      Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
3.      Mengakui, mengingkari fakta
4.      Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat

Tes  lisan



Tes lisan










Merespon secara lisan




Pilihan ganda









Respond the following statement
A: Let me help you
B: ....
A: Can I have a bit?
B: ...........

Choose the right response
A: Did you break the glass?
B:.......
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Give your response
A: What do you think of my new dress
B:............


a.       Instrumen:
Listen to the dialogue and fill in the blanks (listening script on listening 1 and pronunciation)
1.      A: _________________closed?
B: _________________o’clock.
2.      A: _________________closed?
B: _________________.
3.      A: _________________closed?
B: _________________.
4.      David: I like tennis very much
      __________________?
5.   Karen: Well, I _____________
            But football is my favourite sport.
David: Oh yes. ________________
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15      
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0



Mengetahui;
Kepala



( ..................................)
NIP : ..................................
..................................,      Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( ..................................)
NIP. ..................................


Silahkan Download Filenya untuk semester 1 & 2  DISINI






No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]