Silabus
bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih
lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan
pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Dalam
pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
Ilmiah .
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar
dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
- Relevan. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
- Sistematis. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
- Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
- Memadai. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
- Aktual dan Kontekstual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
- Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
- Menyeluruh. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif,
Silabus Pembelajaran
Sekolah / Madrasah : ..................................
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
1.A : Let me help you.
B : Thank you so much.
2.A: Can I have a
bit?
B: Sure. Here you are.
3.A:
Did you break the glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
4.A:
What do you think of this?
B: Not bad.
TataBahasa
- Auxiliary verb:
can, may, must,should
- Simple Past
Kosa Kata
- Kata Terkait jenis teks
dan tema
|
1. Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal
terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2.
Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase)
tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
informasi faktual, pendapat terkait
materi percakapan .
3.
Mendengarkan percakapan
yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4.
Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan.
5.
Memberi respon
lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.
|
1.
Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.
Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
3.
Mengakui, mengingkari fakta
4.
Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
|
Merespon secara lisan
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
|
Respond the
following statement
A: Let me help you
B: ....
A: Can I have a
bit?
B: ...........
Choose the right
response
A:
Did you break the glass?
B:.......
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Give
your response
A:
What do you think of my new dress
B:............
|
2 x 40
menit
|
1. Script percakap -
an
2. Rekaman
Percakapan:
-
Cassette
-
Tape
Recorder
-
CD
-
CD
Player
-
TV
3. Gambar-
gambar/
benda terkait
1
|
Silahkan Download file Ms. word-nya DISINI
No comments:
Post a Comment