Wednesday 24 February 2016

Silabus Bahasa Inggris Kelas 8



Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

  • Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  • Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  • Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh.  Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, 
bagi rekan-rekan yang membutuhkan silabusnya silahkan download  filenya setelah contoh silabus ini


Silabus Pembelajaran


Sekolah / Madrasah            : ..................................
Kelas                                       : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran                    : BAHASA INGGRIS
Semester                                 : 1 (Satu)
Standar Kompetensi          : Mendengarkan
1.       Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat







Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

1.A : Let me help you.
  B : Thank you so much.

2.A: Can I have a bit?
  B: Sure. Here you are.                                                     

3.A: Did you break the glass?
  B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

4.A: What do you think of this?
  B: Not bad.

TataBahasa
- Auxiliary verb:
  can, may, must,should
- Simple Past

Kosa Kata
- Kata Terkait jenis teks  
  dan tema








1.       Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2.       Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait  materi percakapan .
3.       Mendengarkan percakapan  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.     Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.


1.       Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.       Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
3.       Mengakui, mengingkari fakta
4.       Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat
























Tes  lisan








Tes lisan


Tes tulis



























Merespon secara lisan







Pertanyaan lisan


Pilihan ganda


























Respond the following statement
A: Let me help you
B: ....

A: Can I have a bit?
B: ...........

Choose the right response
A: Did you break the glass?
B:.......
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Give your response
A: What do you think of my new dress
B:............











2  x 40
menit

































1. Script percakap -
    an
2. Rekaman
    Percakapan:
-  Cassette
-  Tape
   Recorder
-  CD
-  CD  Player
-  TV
3. Gambar-
gambar/
benda terkait

















1          



 Silahkan Download file Ms. word-nya DISINI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]