Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
adalah pegangan seorang guru
dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam
mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
pada hari tersebut.
Setiap pendidik pada suatu pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran
berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien,
memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup
bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau
subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP dapat dilakukan pada
setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah
tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok
dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan
supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.
Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP Bahasa
Inggris Kelas 9 (SMP) silahkan download File Dockmennya di bawah setelah contoh RPP:
Contoh RPP
Bahasa
Inggris Kelas 9
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional
dan inter-personal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Camping Life and An Adventure In the Forest
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat:
a. Mengidentifikasi penjelasan tentang
identitas seseorang
b. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan
informasi dalam dialog
c. Menentukan karakteristik seseorang dengan
penjelasan yang ada
d. Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam
rekaman dialog
e. Melengkapi dialog rumpang
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.
Materi Pembelajaran
a.
Communication
Practice
·
Sript
dan rekaman dialog
·
Rekaman,
gambar dan pilihan jawaban
·
Penjelasan
kegiatan
·
Dialog
rumpang dan rekaman
b.
Developing
Skills
·
Rekaman
percakapan dan pilihan jawaban
·
Gambar
dan rekaman percakapan
c.
Pronunciation
·
Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan
bunyi [i:] dan [I]
3.
Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.
Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya
jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
·
Guessing Game: menebak nama tokoh terkena yang dideskripsikan oleh
guru.
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut
kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Mencocokkan karakteristik
seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
F Menggambar wajah pelaku kejahatan
sesuai penjelasan dalam rekaman
F Menggambar seseoang sesuai dengan
deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
F Melengkapi dialog rumpang
F Menentukan pemilik benda-benda
yang terdapat dalam gambar
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F Membantu menyelesaikan masalah;
F Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
F Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a.
Buku
teks yang relevan : Kaset/CD
b.
Workbook
Kaset/CD
c.
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang
relevan
6.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Merespon ungkapan meminta
dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan
mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Esian
|
- Respond the
teacher’s statement!
T:
“Are you sure?
S: “.......”
- Choose the
correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing
words based on the dialogue you hear
|
a.
Instrumen:
Listen to the dialogue
(Listening on page 16) and answer the following questions.
1. How
does Nancy look
like?
2.
Whose camp stove is that in the campsite?
3.
Where does Tony ask Nancy to go at noon?
4.
How does Nancy refuse Tony’s offer?
5.
When will they meet again?
b.
Pedoman
Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal x 3 = 15
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c. Rubrik Penilaian
Uraian
|
Skor
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Mengetahui;
Kepala
( ..................................)
NIP : ..................................
|
.................................., Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( ..................................)
NIP.
..................................
|
silahkan download dengan KLIK DISINI
No comments:
Post a Comment