Sunday, 28 February 2016

RPP Bahasa Inggris Kelas 9



Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP Bahasa Inggris Kelas 9 (SMP) silahkan download File Dockmennya di bawah  setelah contoh RPP:

Contoh RPP
Bahasa Inggris Kelas 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                 :
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 1.  Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan inter-personal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar        : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                            : Camping Life and An Adventure In the Forest
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Mengidentifikasi penjelasan tentang identitas seseorang
b.      Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam dialog
c.       Menentukan karakteristik seseorang dengan penjelasan yang ada
d.      Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam rekaman dialog
e.       Melengkapi dialog rumpang

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice
·         Sript dan rekaman dialog
·         Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
·         Penjelasan kegiatan
·         Dialog rumpang dan rekaman
b.      Developing Skills
·         Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
·         Gambar dan rekaman percakapan
c.       Pronunciation
·         Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
·         Guessing Game: menebak nama tokoh terkena yang dideskripsikan oleh guru.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
F  Melengkapi dialog rumpang
F  Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan : Kaset/CD
b.      Workbook Kaset/CD
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan


Tes lisan



Tes tertulis
Esian
- Respond the teacher’s statement!
T: “Are you sure?
S: “.......”
- Choose the correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing words based on the dialogue you hear


a.       Instrumen:
Listen to the dialogue (Listening on page 16) and answer the following questions.
1.      How does Nancy look like?
2.      Whose camp stove is that in the campsite?
3.      Where does Tony ask Nancy to go at noon?
4.      How does Nancy refuse Tony’s offer?
5.      When will they meet again?
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15      
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0



Mengetahui;
Kepala



( ..................................)
NIP : ..................................
..................................,      Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( ..................................)
NIP. ..................................


silahkan download dengan KLIK  DISINI




No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]