Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu
yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar.
Silabus
merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang
kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.
Isi dari Silabus
adalah komponen-komponen pokok yang
dapat menjawab pertanyaan berikut :
- Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
- kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
- upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus
bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih
lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan
pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Contoh Silabus Bahasa Inggris Kela 9
Sekolah / Madrasah : ..................................
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
1. Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
:
Contoh
· A : Are you sure ?
B: I am. It is confirmed
· A: Well... I am not sure
B: Don’t worry
2.Tata Bahasa
It is ........
( Adj + to inf )
I am ........
( certainly )
3.Kosa kata
Kata terkait tema
dan jenis text
4.Spelling, stress, intonation
5.Ungkapan baku
of course
certainly
I am not sure
|
1. Tanya jawab yang
berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan
menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:
Kepastian:
·
of course I
·
I certainly
Keraguan:
·
I don’t know
·
I can’t decide
2. Mendengarkan
percakapan yang berkaitan dengan materi
3. Mengidentifikasikan
gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4. Menjawab percakapan
yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
|
1. Merespon ungkapan meminta
dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan
mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Pertanyaan
- Pilihan ganda
-Melengkapi per cakapan
|
- Respond the
teacher’s statement!
T:
“Are you sure?
S: “.......”
- Choose the
correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing
words based on the dialogue you hear
|
2x40
menit
|
1.
Bahan-bahan rekaman (cassette, CD , VCD )
a.Script percakapan
b.Buku teks yang relevan
|
silahkan download filenya DISINI
No comments:
Post a Comment