PROTA DAN PROSEM
Silahkan Download file documennya DISNI
Prota atau Program tahunan adalah suatu
rencana penetapan alokasi waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi
dan Kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Tujuan dari Penetapan alokasi waktu
diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya
dapat dicapai oleh siswa. Untuk penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah
jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan
materi yang harus dikuasai oleh siswa. Prota merupakan program umum untuk setiap mata
pelajaran, berisikan garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan, program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai ,
karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni
program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem
penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan
pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi
dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Prosem
(Program semester) adalah suatu program yang berisikan tentang garis besar
mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program
semester adalah tentang
bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan
keterangan-keterangan.
Berikut di bawah ini adalah sebagain contoh dari program Tahunan dan program semester untuk kelas 9 mata pelajaran IPA, dan juga lengkap dengan downloanya
contoh
PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN : .............................................
MATA PELAJARAN : IPA
SEMESTER :
9/1-2
TAHUN PELAJARAN : 2013 – 2014
Standar kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Materi pokok.
|
Alokasi waktu
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
4 jp
|
|
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
|
4 jp
|
||
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan
perkembangbiakan
|
4 jp
|
|
2.2
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
|
4 jp
|
||
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat beserta penerapannya
|
4 jp
|
||
2.4
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
4 jp
|
||
2. Memahami sistem
dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
|
4 jp
|
|
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi
dan transpormasi energy pada tubuhan hijau
|
6 jp
|
||
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada
tumbuhan
|
4 jp
|
||
2.5
Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang di jumpai
dalam kehidupan sehari-hari
|
2 jp
|
Silahkan Download file documennya DISNI
No comments:
Post a Comment