Wednesday, 3 February 2016

RPP IPA kelas 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Jenjang Sekolah           : 
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester           :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.1.
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
3.      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.
4.      Siswa dapat menjelaskan struktur embrio tumbuhan.
5.      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..
6.      Siswa dapat membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan paku.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan percobaan / observasi
      3.  Model Pembelajaran     :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Disebut apakah proses kecebong menjadi katak kecil ?
                  2)  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi peristiwa anak ayam menjadi
                        ayam dewasa ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup terutama tumbuh dan
                        berkembang biak.

      2.  Kegiatan Inti                
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
F  Siswa dapat menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
F  Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan hewan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan bantuan charta
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Dengan dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
F  Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana perbedaannya antara pertumbuhan dengan perkembangan pada tumbuhan rumput teki ?
                  2)  Faktor-faktor apakah yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman mangga ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.

      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..
F  Siswa dapat membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan paku.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
 

Silahkan Download file documennya DISINI

No comments:

Post a Comment

JANG ARI

Comments system

[blogger][disqus][facebook]