RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2 x
Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan
pada hewan.
2.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna
dan tidak sempurna
3. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.
4. Siswa dapat menjelaskan struktur embrio tumbuhan.
5. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..
6. Siswa dapat membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan
paku.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, dan percobaan / observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan pembelajaran kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Disebut apakah proses kecebong menjadi katak
kecil ?
2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi
peristiwa anak ayam menjadi
ayam dewasa ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup
terutama tumbuh dan
berkembang biak.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
F Siswa dapat menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak
sempurna
F
Siswa dapat
menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Berdiskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan
dan perkembangan hewan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan bantuan
charta
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Dengan dibantu
guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
F
Guru memberi
tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Bagaimana perbedaannya antara pertumbuhan
dengan perkembangan pada tumbuhan rumput teki ?
2) Faktor-faktor apakah yang berperan dalam
pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman mangga ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami pertumbuhan
dan perkembangan pada hewan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan..
F
Siswa dapat
membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan paku.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Silahkan Download file documennya DISINI
No comments:
Post a Comment