Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu
yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar.
Silabus
bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih
lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan
pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Dalam
pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
- Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
- Relevan. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
- Sistematis. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
- Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
- Memadai. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
- Aktual dan Kontekstual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
- Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
- Menyeluruh. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor)
Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan silabus
silahkan download File Dockmennya di bawah
setelah comtoh silabus:
Kompetensi
Dasar
|
MateriPembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna
dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal,
memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
|
1.Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan :
Contoh :
·
-A : Good morning
How are
you ?
B : Fine
Thanks.
Nice to
meet you
·
-A : Hello, I’’m Nina
B
: Hi, I’m Reny
Nice to
meet you
·
-A : Don’t do
that
B
: No. I won’t
-A
: Stop it
B
: Ok
2.Tata Bahasa
Verb be
Imperatives
3. Kosakata
|
·
Tanya jawab yang terkait dengan materi
·
Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan
sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·
Mendengarkan percakapan yang terkait dengan
·
sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·
Menjawab / merespon pertanyaan tentang percakapan yg
didengar.
secara berani (
courage ) (NK, secara berani ( courage )
|
Merespon ungkapan ungkapan
1. Sapaan orang yang
sudah / belum dikenal
2. Perkenalan diri
sendiri / orang lain
secara berani ( courage
) (NK, secara berani ( courage )
3. Perintah / larangan
|
1.Tes lisan
2.Tes tertulis
3.Unjuk
kerja
|
1.Merespon ungkapan lisan
2.Pilihan Ganda
3.Melakukan perintah guru
|
Listen to the expressions and give your response.
1 .A: Good morning.
B: .......................
2. Listen to the expressions and
choose the
best option.
A : “Hi, I’m Yeny,Nice to meet
you
B : ...
a. oh, really ?
b. Thank you
so much
c. It’s a
pleasure
d. Nice to meet
you, Too
3. Give it to me !
|
2x40 menit
|
Script
Bahan-bahan rekaman (kaset, CD , VCD )
|
Silahkan Download file doxc nya DISINI
No comments:
Post a Comment