RPP, adalah pegangan seorang guru dalam
mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar
agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
pada hari tersebut.
Setiap pendidik pada suatu pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran
berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien,
memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup
bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau
subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP dapat dilakukan pada
setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah
tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan
RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan
supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.
Nah bagi rekan-rekan yang membutuhkan RPP TIK silahkan download File Dockmennya di bawah setelah contoh RPP:
Contoh RPP
TIK 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan
intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
pengertian dasar internet dan intranet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.
Menjelaskan pengertian
internet dan Intranet
2.
Menyebutkan kegunaan internet
dan Intranet
3.
Menjelaskan perbedaan internet
dan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian internet dan Intranet
- Kegunaan internet dan Intranet
- Perbedaan internet dan intranet
C.
METODE PEMBELAJARAN
·
Studi Pustaka, Diskusi, ceramah
dan tanya jawab
·
Pendekatan Model CTL
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan tentang kegunaan komputer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi
tentang internet/intranet.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media informasi lain tentang
internet/intranet.
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.
E.
SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket
dan media informasi lain.
F.
PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK : .........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK : .............................
|
Silahkan Dowanload DISINI
No comments:
Post a Comment